Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Pelayanan Sistem Informasi Wisata Di Taman Nasional Bali Barat
View/ Open
Date
2015Author
Julinta, Detiara
Muntasib, E.K.S. Harini
Meilani, Resti
Metadata
Show full item recordAbstract
Sistem informasi wisata merupakan salah satu pelayanan yang dibutuhkan oleh pengunjung untuk menunjang kegiatan wisatanya. Penelitian dilakukan untuk menilai tingkat kepuasan pengunjung terhadap pelayanan sistem informasi wisata di Taman Nasional Bali Barat (TNBB), yang dikelola oleh pihak Balai TNBB dan PT. Trimbawan Swastama Sejati (PT. TSS) sebagai pemegang ijin pengusahaan pariwisata alam (IPPA). Metode yang digunakan adalah wawancara. Analisis data menggunakan customer satisfaction index (CSI). Hasil penelitian di lokasi yang dikelola Balai TNBB menunjukkan nilai CSI pengunjung domestik sebesar 0.65 dan pengunjung mancanegara sebesar 0.63, artinya pengunjung cukup puas terhadap pelayanan sistem informasi wisata yang dikelola Balai TNBB. Sementara itu, pada lokasi yang dikelola PT. TSS, nilai CSI pengunjung domestik sebesar 0.87 dan pengunjung mancanegara sebesar 0.85, artinya pengunjung sangat puas terhadap pelayanan sistem informasi wisata PT. TSS. Ketidakpuasan pengunjung disebabkan oleh faktor-faktor yang perlu dioptimalkan, yaitu pengisian website secara kontinyu dan periodik terhadap perkembangan wisata.