Analisis Tataniaga Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L.) Di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor
Abstract
Ubi jalar merupakan salah satu komoditas andalan pada sektor tanaman pangan. Jawa Barat adalah provinsi penghasil ubi jalar terbesar di Indonesia. Sentra produksi ubi jalar salah satunya ada di Kabupaten Bogor. Petani menjual hasil panen ubi jalar kepada pedagang pengumpul desa dengan harga yang rendah dibandingkan harga di tingkat konsumen akhir. Karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem tataniaga ubi jalar di Desa Cikarawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis saluran tataniaga, lembaga dan fungsi tataniaga, struktur dan perilaku pasar, marjin tataniaga, farmer’s share, dan rasio keuntungan terhadap biaya. Penentuan responden petani dilakukan dengan metode simple random sampling dengan sample frame anggota kelompok tani Hurip, sedangkan penentuan responden pedagang menggunakan metode snowball sampling dan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada empat saluran pemasaran ubi jalar di Desa Cikarawang. Saluran III merupakan saluran yang lebih efisien dibandingkan saluran lainnya dengan marjin tataniaga dan farmer’s share lebih rendah dan rasio keuntungan terhadap biaya paling tinggi.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]