Analisis Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Kopi Indonesia Ke Negara Tujuan Ekspor
Abstract
Kopi merupakan salah satu komoditi ekspor Indonesia yang memberikan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan devisa dan pangsa pasar ekspornya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan gambaran umum dan regulasi kopi, menganalisis posisi daya saing kopi Indonesia menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export Product Dynamics (EPD) serta menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ekspor kopi Indonesia di delapan negara tujuan ekspor, yaitu Amerika, Jepang, Jerman, Malaysia, Italia, Rusia, Inggris dan India dengan menggunakan data panel statis. Hasil analisis RCA menunjukkan bahwa kopi Indonesia memiliki keunggulan komparatif di delapan negara tujuan ekspor (nilai RCA>1). Analisis EPD kopi Indonesia di pasar Amerika, Malaysia, Italia, Rusia, Inggris dan India berada pada posisi “Rising Star”, Jepang berada di posisi “Retreat” dan Jerman berada pada posisi “Lost Opportunity”. Hasil analisis data panel statis menunjukkan populasi negara tujuan, nilai tukar riil negara tujuan dan harga ekspor signifikan memengaruhi nilai ekspor kopi, sedangkan GDP per kapita negara tujuan tidak berpengaruh signifikan.