Pengaruh Karakteristik Situasional Konsumen Terhadap Motif Pembelian Daging Sapi Di Kecamatan Serang, Banten
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik situasional responden terhadap motif pembelian meliputi motif rasional dan motif emosional untuk konsumsi daging sapi di kecamatan Serang. Penelitian ini menggunakan 100 responden konsumen daging sapi yang dibagi menjadi dua kelompok kelas sosial yang berbeda. Penentuan responden menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Maret sampai mei 2014 melalui teknik wawancara langsung dengan berpedoman pada kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. analisis data yang digunakan adalah regresi logistik untuk mengetahui pengaruh karakteristik konsumen terhadap motif pembelian daging sapi, sedangkan karakteristik konsumen dianalisis dengan deskriptif dan dibantu dengan alat analisis Mann-Whitney dan Chi-square. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motif rasional dan motif emosional pembelian daging sapi antara dua kelas sosial berbeda. Hasil analisis pengaruh karakteristik terhadap motif pembelian daging didapatkan bahwa umur, kelas sosial, total konsumsi daging, harga pembelian daging, dan pengeluaran pendapatan untuk daging berpengaruh signifikan terhadap motif pembelian rasional atau emosional konsumen di Serang.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]