Strategi binsis usaha ikan hias air tawar di ilmi fish farm, tajur, kota bogor
Abstract
Ilmi Fish Farm adalah salah satu organisasi bisnis ikan hias di Kota Bogor. Kegiatan usaha yang dilakukan adalah menjual dan mendeder ikan hias. Penelitian ini ditujukan untuk mencari strategi bisnis yang dapat dijalankan oleh Ilmi Fish Farm. Dari analisis matriks IE, Ilmi Fish Farm berada pada kuadran V yaitu menjaga dan mempertahankandengan strategi penetrasi psar dan pengembangan produk. Dari hasil analisis SWOT terdapat 4 alternatif strategi; (1) Menambah komoditas ikan hias, (2) menambah kuantitas aset untuk penampungan (3) menggunakan metode intensifikasi untuk menambah kepadatan jumlah ikan hias dan (4) menambah pemasok cacing sutera. Prioritas strategi yang didapat dari QSPM adalah metode intensifikasi untuk menambah kepadatan ikan hias dengan nilai STAS sebesar 3,56. Ilmi Fish Farm is one of the ornamental fish business organizations in Bogor city. The operations are selling and rearing of ornamental fish. From IE matrix analysis, the position of Ilmi Fish Farm is in quadrant V which is to hold and maintain with market penetration and product development. From the results of the SWOT analysis, there are 4 alternative strategies; (1) Adding more ornamental fish commodities, (2) increase the quantity of assets to be used as a shelter (3) using the method of intensification to increase the density ratio of ornamental fish and (4) adding supplier of silk worms. Priority strategy that receiveded from QSPM is intensification method to increase the density ratio of ornamental fish with STAS value of 3.56.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]