Pengaruh dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik siswa smp
View/ Open
Date
2014Author
Rubyn Devi Situmorang, Zervina
Latifah, Melly
Metadata
Show full item recordAbstract
Prestasi akademik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor internal maupun faktor eksternal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) karakteristik anak dan keluarga, dukungan sosial, konsep diri, strategi pengaturan diri dalam belajar, dan prestasi akademik siswa, (2) pengaruh dukungan sosial dan konsep diri terhadap strategi pengaturan diri dalam belajar, (3) pengaruh karakteristik anak dan keluarga, dukungan sosial, konsep diri, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik siswa. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa SMP di wilayah Bogor. Pemilihan lokasi menggunakan cluster random sampling. Hasil analisis Partial Least Square menunjukan bahwa konsep diri memiliki pengaruh terhadap strategi pengaturan diri dalam belajar namun dukungan sosial tidak berpengaruh. Pendidikan orangtua berpengaruh negatif terhadap prestasi akademik secara signifikan. Dukungan sosial dan konsep diri ditemukan tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik. Sebaliknya, strategi pengaturan diri dalam belajar memiliki pengaruh positif terhadap prestasi akademik siswa This study examined social support, self-concept, and self regulated learning strategies toward academic achievement. This study aimed to analyze: (1) child and family characteristic, sosial support, self-concept, self regulated learning strategies, and academic achievement, (2) the effect of sosial support and self-concept on self regulated learning strategies, (3) the effect of family characteristic, social support, self-concept, and self regulated learning (SRL) strategies toward student achievement. Data was collected from junior high school students in Bogor Region (n=150). Cluster random sampling was used in selection of those junior high schools. Data was collected via a questionnaire. Partial Least Square analysis showed that self-concept has a significant effect on SRL strategies but it was not significant on sosial support. Analysis of the data revealed that only parents’ education and SRL strategies were significant predictors in this model of students’ academic achievement