Permintaan Souvenir Kupu-kupu di Bogor dan Jakarta
View/ Open
Date
2014Author
Yusuf, Azis Maulana
Masy‟ud, Burhanuddin
Sunarminto, Tutut
Metadata
Show full item recordAbstract
Kupu-kupu adalah salah satu satwa yang memiliki banyak manfaat, diantaranya dikembangkan sebagai produk souvenir dengan berbagai bentuknya. Untuk mengembangkannya sebagai komoditas ekonomi diperlukan informasi pasar tentang bentuk souvenir yang menjadi permintaan konsumen. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi produk-produk kerajinan souvenir kupu-kupu yang saat ini dihasilkan dan dijual oleh para pengrajin, serta mengidentifikasi preferensi (kesukaan) konsumen terhadap souvenir kupu-kupu di Jakarta dan Bogor. Penelitian dilakukan dengan survei pendahuluan (toko penjual souvenir), wawancara dengan penjual/pengrajin, dan penyebaran kuesioner kepada konsumen potensial di wilayah Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk souvenir kupu-kupu yang paling banyak dijual di Bogor dan Jakarta berturut-turut dari terbanyak adalah embedding, figura, dan laminating. Preferensi konsumen terhadap souvenir kupu-kupu tidak berbeda pada semua strata ekonomi. Souvenir kupu-kupu yang paling disukai berasal dari family Papilionidae. Umumnya konsumen memilih model unik dengan isi kupu-kupu 3 sampai lebih dari 4 ekor dan ukuran sedang sampai besar. Adapun faktor harga tidak menjadi pertimbangan bagi konsumen pada strata ekonomi yang tinggi.