Analisis Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Sushi Nest Bogor, Jawa Barat
Abstract
Sushi Nest Restaurant is one of restaurants that offers Japanese cuisine menu with the main menu of sushi with low price to reach the student. The purposes of this research are to analyze consumer buying decision process, the level of consumer satisfaction, and consumer loyality that will have implications for the marketing mix of Sushi Nest Restaurant. The method used of this research is a descriptive analysis method, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), and pyramid loyality. Sushi Nest Restaurant is located at Jalan Mega Mendung number 3, Bogor. Majority of Sushi Nest Restaurant consumers are female come from/ domicile in Bogor with age of 19-24 year old as students, recent high school educated, unmarried status, and have income/pocket money each month amount Rp 1 000 000 up to Rp 2 000 000. At the stage of the purchase decision (planned decision, the source which affect buying decision is friend, visitting day was weekday, and time for visitting is in the evening), and post-purchase decision (consumer are satisfied and it affects the consumer to come back). Value of Customer Satisfaction Index (CSI) is approximately to 72 pecent. Consumers are satisfied with the restaurant product, but they are not loyal to the Sushi Nest. Restoran Sushi Nest merupakan salah satu restoran yang menawarkan menu masakan Jepang dengan menu utama sushi dengan harga relatif terjangkau oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses keputusan pembelian konsumen, tingkat kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen yang akan memberikan implikasi terhadap bauran pemasaran dari Restoran Sushi Nest. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan piramida loyalitas. Lokasi Restoran Sushi Nest berada di Jalan Mega Mendung No. 3, Bogor. Karakteristik konsumen dari Restoran Sushi Nest dengan mayoritas berjenis kelamin perempuan yang berasal/domisili di Bogor dengan usia 19-24 tahun dan berprofesi sebagai pelajar/mahasiswa, berpendidikan terakhir SMU, berstatus belum menikah, dan memiliki pendapatan/uang saku per bulan sebesar Rp 1 000 000 sampai Rp 2 000 000. Pada tahap keputusan pembelian (pembelian terencana, sumber yang mempengaruhi adalah teman, hari berkunjung pada hari kerja, dan waktu berkunjung adalah saat malam hari), dan keputusan pasca pembelian (konsumen merasa puas dan hal tersebut mempengaruhi konsumen untuk berkunjung kembali). Nilai dari Costumer Satisfaction Index (CSI) adalah sebesar 72 persen. Konsumen merasa puas terhadap produk restoran namun cenderung tidak loyal terhadap Restoran Sushi Nest.
Collections
- UT - Agribusiness [4256]