AnalisisStrategi Pemasaran Produk Olahan Ikan Nila Balita (Studi Kasus : Afief Agrobiz, Margajaya, Kota Bogor, Jawa Barat)
Abstract
Daerah di Jawa Barat yang terkenal akan produksi budidaya ikannya yaitu Kabupaten Bogor. Salah satu ikan air tawar yang memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan yaitu ikan nila. Pada tahun 2010 produksi ikan nila di Kabupaten Bogor mencapai 2. 073,36 ton dengan pertumbuhan produksi 12,55 %. Potensi yang cukup besar yang dimiliki oleh sektor perikanan Kabupaten Bogor mampu menghasilkan peluang usaha baru dalam memaksimalkan potensi yang ada, khususnya dalam bidang pengolahan produk perikanan. Karakteristik produk perikanan yang mudah rusak dan tidak tahan lama menyebabkan daya saing produk perikanan dalam bentuk ikan segar kurang mampu bersaing dengan produk substitusi yang ada di pasaran. Penanganan pasca panen dari kegiatan budidaya perikanan di kabupaten Bogor harus dapat ditingkatkan, karena jika penanganan pasca panen yang kurang optimal akan menyebabkan nilai jual produk perikanan menurun. Dengan begitu pengembangan teknologi pengolahan hasil perikanan sangat dibutuhkan di Kabupaten Bogor. Salah satu perusahaan di Bogor yang bergerak dibidang usaha pengolahan perikanan yaitu Afief Agrobiz. Perusahaan ini memproduksi ikan nila balita atau yang lebih dikenal dengan baby fish. Perusahaan ini berlokasi di Kelurahan Margajaya, Bogor Barat. Permasalahan yang dihadapi oleh Afief Agrobiz yaitu penjualan produk ikan nila balita yang belum maksimal, hal ini merupakan indikasi strategi pemasaran yang belum dijalankan secara optimal, sehingga perumusan strategi pemasaran terkait bauran pemasaran diperlukan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Mengidentifikasi bauran pemasaranproduk olahan ikan nila balita yang diproduksi olehAfief Agrobiz. 2) Menyusun alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Afief Agrobiz. 3) Menentukan prioritas strategi pemasaran yang sesuai dengan Afief Agrobiz Penelitian ini dilakukan di unit usaha pengolahan ikan nila balita Afief Agrobiz yang berlokasi di Kelurahan Margajaya, RT. 01/05 No. 14 Bogor Barat, Kota Bogor. Analisis data menggunakan metode AHP untuk mendapatkan prioritas strategi. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan kuisioner yang diolah menggunakan program expert choice 2000. Pada tingkat 1 yang menjadi fokus hirarki yaitu memilih prioritas strategi bagi Afief Agrobiz, pada tingkat 2 alternatif strategi, tingkat 3 faktor bauran pemasaran dan tingkat 4 subfaktor dari masing-masing faktor bauran pemasaran. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan program expert choice 2000 prioritas strategi pemasaran Afief Agrobiz yaitu melakukan penetrasi pasar dengan bobot 0,529 dan rasio inkonsistensi 0,02. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara meningkatkan jumlah saluran distribusi di wilayah Bogor dan meningkatkan kegiatan promosi. Prioritas faktor yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi yaitu segmentasi pasar dengan bobot 0,332 dan nilai rasio inkonsistensi 0,06. Identifikasi segmen pasar yaitu masyarakat dengan gaya hidup sehat menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kegiatan pemasaran ikan nila balita Afief Agrobiz.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]