Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Permintaan Perhiasan Indonesia di Negara Tujuan Ekspor
Abstract
Jewelry represents one of Indonesia’s potential commodity exports. In general, export of jewelry shows the tendency of fluctuation. Therefore, it requires to be done by a research about how external factors influence export demand, such as gross of domestic product, export price, real exchange rate, export price of competitor country, and population of importing countries. This research uses panel data, representing pooled of data of time series span the time 2000-2011 and data of cross section which are seven target states of export. Data analyzed to use the model of Fixed Effect. The results shows that (1) export value of Indonesian jewelry indicates a positive trend but the export quantity indicates a fluctuation; (2) factors affecting the export demand of Indonesian jewelry are: export price of jewelry, population of the importing country, GDP of the importing country, and real exchange rate of IDR. Perhiasan merupakan salah satu produk potensial ekspor Indonesia. Secara umum, ekspor perhiasan ke negara tujuan menunjukkan kecenderungan berfluktuasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai seberapa besar pengaruh faktor luar seperti GDP per kapita negara tujuan, harga ekspor perhiasan Indonesia, harga ekspor perhiasan negara pesaing, populasi negara tujuan, dan nilai tukar riil rupiah terhadap permintaan ekspor perhiasan Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel, yang merupakan gabungan data time series rentang waktu 2000-2011 dan data cross section yaitu tujuh negara tujuan ekspor utama. Data dianalisis menggunakan model Fixed Effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai ekspor perhiasan Indonesia menunjukkan tren yang positif, namun volume ekspor perhiasan Indonesia menunjukkan adanya fluktuasi; (2) faktorfaktor yang memengaruhi permintaan ekspor perhiasan Indonesia yaitu GDP per kapita negara tujuan, harga ekspor perhiasan Indonesia, populasi negara tujuan, dan nilai tukar riil rupiah.