Pemeringkatan Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Memilih Kopi dengan Metode Thurstone
Pemeringkatan Faktor yang Mempengaruhi Masyarakat dalam Memilih Kopi dengan Metode Thurstone
View/ Open
Date
2011Author
Firdausy, Gabby Sandrianti
Sumantri, Bambang
Wijayanto, Hari
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini ditujukan untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan masyarakat dalam memilih kopi dengan menggunakan metode Thurstone. Secara umum, faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih kopi adalah faktor kekuatan aroma. Namun demikian, setelah dilakukan klasifikasi masyarakat berdasarkan jenis kelamin, usia dan kelas sosial ekonomi terjadi perbedaan peringkat faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih kopi. Berdasarkan peringkat faktor pada masing-masing masyarakat dapat disimpulkan bahwa pria menyukai kopi dengan aromanya yang harum dan kuat, warnanya yang pekat serta sedikit kandungan susunya sedangkan wanita menyukai kopi dengan aromanya yang harum dan kuat, kandungan susunya yang banyak dan tidak mempunyai ampas. Usia 20-24 tahun memilih kopi yang aromanya harum dan kuat, kandungan susunya banyak dan tekstur ampasnya sedikit. Usia 25-30 tahun, kelas B dan kelas C1 menyukai kopi yang aroma harum dan kuat, warnanya yang pekat serta kandungan susunya sedikit sama halnya dengan pria. Berbeda dengan yang lainnya, kelas C2 lebih memilih kopi yang aromanya kuat dan harum serta kandungan susunya yang banyak.