Strategi promosi Restoran Takigawa Botani Square Kota Bogor
Abstract
Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern dan dipengaruhi oleh aktivitas masyarakat yang semakin padat, berpengaruh terhadap pola konsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan. Hal ini menimbulkan keinginan masyarakat akan adanya ketersediaan jasa-jasa penyedia makanan siap saji. Kondisi seperti ini menjadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi para pebisnis di bidang kuliner. Peningkatan populasi di kota Bogor juga dapat meningkatkan konsumsi masyarakat, khususnya terhadap konsumsi makanan. Banyaknya restoran yang bermunculan, mengakibatkan timbulnya persaingan dalam hal produk dan penyajiannya. Sesama restoran berlomba untuk menawarkan makanan dalam bentuk penyajian, modifikasi resep masakan, pelayanan, atau apa saja yang bisa menjadi daya tarik dan menarik perhatian pembeli. Hal tersebut mengakibatkan konsumen untuk memilih makanan apa yang cocok untuk dikonsumsi. Kondisi tersebut juga berdampak pada penjualan yang belum mencapai target. Restoran Takigawa merupakan salah satu restoran waralaba yang terdapat di Lantai 2 Botani square. Restoran ini adalah pionir dari jenis restoran Jepang bernuansa Fusion Cuisine yang menghadirkan ragam hidangan dan cita rasa lebih lengkap demi memanjakan lidah para penikmatnya. Restoran Takigawa memberikan tampilan yang menarik dan memberikan suasana yang berbeda, dimana tempat makan yang di design dengan unik menyerupai daerah asalnya yaitu Jepang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk kegiatan promosi yang dilakukan Restoran Takigawa, menganalisis faktor-faktor yang paling berpengaruh dalam penyusunan strategi promosi Restoran Takigawa dan merumuskan alternatif strategi promosi yang tepat untuk Restoran Takigawa. Metode pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Proses Hirarki Analitik (PHA). Penelitian ini diawali dengan pengumpulan informasi melalui wawancara dengan pihak Restoran Takigawa. Berdasarkan data dan informasi yang terkumpul, disusun struktur yang menjadi dasar untuk pembuatan kuisioner yang diberikan kepada responden. Data hasil kuisioner yang diperoleh dari responden diolah secara horizontal dan vertikal dengan menggunakan program Microsoft Office Excel 2007. Tujuan dari pengolahan ini untuk memperoleh bobot prioritas bauran promosi secara menyeluruh terhadap fokus atau tujuan dari promosi. Kemudian, dilakukan analisis secara deskriptif terhadap prioritas strategi promosi yang dihasilkan.
Collections
- UT - Agribusiness [4610]