Studi Pengembangan Sistem Pemasaran Wana Wisata Logending, Kesatuan Bisnis Mandiri-Jasa Lingkungan dan Produksi Lainnya (KBM-JLPL) Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah
Abstract
Wana Wisata Logending merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Kebumen. Wana wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani di bawah unit Kesatuan Bisnis Mandiri-Jasa Lingkungan dan Produksi Lainnya (KBM-JLPL) Unit I Jawa Tengah dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen dengan sistem profit sharing. Obyek wisata ini berpotensi untuk dipasarkan dan dikomersialkan kepada masyarakat luas. Cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan alat untuk mengelola dan memberikan pelayanan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran pemasaran di Wana Wisata Logending yang akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, kemudian strategi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja pada Wana Wisata dianalisis menggunakan SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang diteliti pada Wana Wisata Logending meliputi: produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Produk pada Wana Wisata Logending ini dikategorikan pada jenis produk jasa. Bauran harga ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen Nomor 16 Tahun 2002 Pasal 8. Bauran promosi Wana Wisata Logending dilakukan oleh Perum Perhutani di bawah Unit KBM-JLPL dan Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen. Bauran distribusi dapat ditempuh melalui jalur selatan, yaitu Cilacap-Yogyakarta.
Collections
- UT - Forest Management [3059]