Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorMayani, Riris
dc.date.accessioned2013-04-24T01:37:38Z
dc.date.available2013-04-24T01:37:38Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62772
dc.description.abstractBerbagai lembaga bimbingan belajar dalam memasarkan programnya kepada masyarakat berlomba-lomba untuk menawarkan jasa pendidikan terbaik yang dapat diterima oleh masyarakat. Ketatnya persaingan dalam industri jasa pendidikan mengharuskan Lembaga Bimbingan Belajar KSM untuk menjaga kualitasnya dan mengetahui apa kebutuhan dan keinginan pelanggan. Hal ini dimaksudkan agar Lembaga Bimbingan Belajar KSM memiliki kekuatan bersaing yang baik dalam menarik perhatian pelanggan maupun mempertahankan kesetiaan dan kepecayaan pelanggan dengan menciptakan rasa puas bagi pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengidentifikasi bauran promosi yang dilakukan Lembaga Bimbingan Belajar KSM, (2) Menganalisis efektivitas bauran promosi yang dilakukan Lembaga Bimbingan Belajar KSM, dan (3) Merumuskan strategi promosi yang efektif sebagai masukan yang diharapkan dapat memberikan manfaaat bagi Lembaga Bimbingan Belajar KSM. Manfaat dari penelitian ini yaitu : (1) Bagi pihak manajemen Lembaga Bimbingan Belajar KSM, memberikan masukan dan informasi dalam mengevaluasi, menganalisis dan menyusun keefektivitasan bauran promosi melalui EPIC Model, (2)Bagi mahasiswa, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada penelitian selanjutnya serta menjadi sumber informasi dan referensi, khususnya bauran promosi dalam pemasaran, dan (3) Bagi penulis, untuk mengaplikasi ilmuilmu konsep pemasaran dan bauran promosi yang telah diterima selama perkuliahan. Data yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka, artikel dari internet, serta data dari Lembaga Bimbingan Belajar KSM. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan Software SPSS 15.00 dan Microsoft Excel. EPIC Model (Emphaty, Persuasion, Impact, dan Communication) untuk mengukur keefektivan promosi yang dilakukan. Bauran promosi pada Lembaga Bimbingan Belajar KSM meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perorangan dan hubungan masyarakat. Strategi promosi yang efektif untuk diterapkan oleh Lembaga Bimbingan Belajar KSM yaitu dengan meningkatkan kegiatan periklanan, membuat program diskon dan berhadiah, serta melakukan kegiatan promosi yang lebih kreatif dan inovatif agar dapat meningkatkan penjualan. Berdasarkan hasil dari EPIC Model diperoleh nilai EPIC Rate sebesar 3,73 nilai ini berada dalam rentang skala efektif. Hal ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Lembaga Bimbingan Belajar KSM sudah efektif.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Bauran Promosi Kelas Tiga SMU pada Lembaga Bimbingan Belajar KSM (Kelompok Studi Mahasiswa) Jakarta Pusaten


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record