Show simple item record

dc.contributor.advisorMulyati, Heti
dc.contributor.advisorSetiawan, Alim
dc.contributor.authorLestawiyanti, Dita
dc.date.accessioned2013-04-19T02:08:51Z
dc.date.available2013-04-19T02:08:51Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62536
dc.description.abstractPT YCH merupakan salah satu perusahaan distribusi produk. Salah satu produk yang distribusikan oleh PT YCH Indonesia adalah Frisian Flag Indonesia (FFI). Target sasaran dari proses distribusi produk FFI yang dilakukan oleh PT YCH Indonesia ialah toko atau agen yang berada di seluruh Indonesia yang dikelompokkan ke dalam 2 (dua) kategori yaitu pasar modern seperti Giant, Hero, Alfamart, Indomart, Yogyamart, Carefour, dan pasar-pasar tradisional atau distributor. Penelitian ini bertujuan (1). Mengidentifikasi wilayah pengiriman yang sering mengalami keterlambatan; (2). Menganalisis faktor yang menjadi penghambat proses distribusi produk susu FFI dari PT YCH Indonesia ke pasar modern; (3). Menganalisis faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap proses pendistribusian produk FFI dari PT YCH Indonesia sampai ke pasar modern. Penelitian ini dilakukan di PT YCH Indonesia yang berlokasi di Jalan Raya Kalimalang KM 2 Cibitung Bekasi Jawa Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 130 orang responden. Pengambilan contoh responden dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik judgement sampling. Data sekunder diperoleh dari dokumen perusahaan, perpustakaan, internet, dan buku-buku yang terkait dengan tema penelitian. Analisis data menggunakan analisis diagram sebab-akibat (fishbone), dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat pengolah data LISREL 8.50 Wilayah yang paling sering mengalami keterlambatan adalah wilayah M4 (Bandung, Bogor) dengan total keterlambatan pengiriman sebanyak 256 pengiriman dari 5.391 pengiriman yang dilakukan selama kurun waktu 5 bulan. Berdasarkan hasil analisis sebab akibat (fishbone) menunjukkan bahwa faktor yang menjadi penentu dalam proses distribusi yang dilakukan oleh PT YCH Indonesia terdiri dari beberapa faktor utama yaitu : i). Transportasi dan peralatan; ii). produk; iii). sistem informasi; iv). sumber daya manusia. Hasil analisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Besarnya pengaruh variabel laten bebas terhadap kinerja perusahaan: i). Produk (29%), ii). Sumber daya manusia (25%), iii). Transportasi dan peralatan (0,2%), iv). Sistem informasi (-13%). Berdasarkan nilai faktor muatan, besarnya indikator yang berpengaruh terhadap kinerja perusahaan: i). Kualitas produk (57%), ii). Pengiriman tepat waktu (54%), iii). Kuantitas produk (51%).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisa Peningkatan Kinerja Pengiriman Pada Rantai Pasok Produk Susu Frisian Flag Indonesia Oleh PT YCH Indonesiaen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record