Analisis Persepsi dan Loyalitas Pelanggan CDMA
Abstract
Persaingan antar operator seluler dalam mempertahankan dan menarik pelanggan baru semakin ketat. Salah satu cara untuk merebut perhatian pasar dan membentuk citra produk yang baik kepada para pelanggan adalah dengan melakukan strategi penempatan produk. Persepsi pelanggan merupakan strategi awal guna mengetahui kebutuhan dan keinginan para pelanggan CDMA yang dibandingkan dengan tingkat kinerja yang telah diberikan perusahaan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan important performance analysis (IPA). Selain itu para perusahaan-perusahaan operator juga perlu mengetahui tingkat loyalitas pelanggan CDMA terhadap jenis kartu yang sedang mereka gunakan yaitu dengan menggunakan analisis regresi logistik biner. Hasil IPA menjelaskan atribut yang dianggap unggul bagi produk CDMA diantaranya tarif telepon, kualitas penerimaan suara dan pengiriman SMS, serta kecepatan sambungan telepon. Faktor-faktor yang berperan terhadap loyalitas pelanggan CDMA dilihat dari aspek demografi yaitu tingkat pendidikan terakhir dan pekerjaan. Sedangkan dari aspek kepuasan diantaranya jaringan luas, kualitas sambungan saat komunikasi, kualitas penerimaan suara, kecepatan sambungan saat menelepon, kualitas pengiriman SMS, kemudahan menghubungi layanan pelanggan, dan lokasi layanan.