Preferensi Karakteristik Kopi 3 in 1 Menggunakan Metode Pohon Regresi dan Klasifikasi
Abstract
Saat ini, banyak perusahaan yang berlomba-lomba memproduksi kopi 3 in 1. Hal ini menimbulkan tantangan bagi salah satu pihak perusahaan kopi 3 in 1, yaitu PT X yang memproduksi kopi X. Perusahaan ini harus lebih pandai menciptakan produk yang disukai masyarakat agar produknya laris di pasaran. Untuk mengetahui apakah produk sudah disukai oleh konsumen perlu dilakukan evaluasi produk. Tahap awal yang dapat dilakukan oleh PT X adalah eksplorasi data dengan membuat klasifikasi karakteristik kopi X. Analisis yang dapat digunakan untuk membuat klasifikasi adalah metode pohon regresi dan klasifikasi (classification and regression trees). Pohon regresi dan klasifikasi adalah salah satu metode eksplorasi data yaitu berupa teknik pohon keputusan. Pohon keputusan yang digunakan pada penelitian ini adalah pohon klasifikasi. Penelitian ini menghasilkan pohon klasifikasi optimum dengan peubah penjelas yang masuk kedalam pohon yaitu kekuatan aroma kopi dan kekuatan rasa susu. Hasil klasifikasi sebanyak tiga klasifikasi karakteristik kopi X dengan dua klasifikasi memiliki label kelas bahwa konsumen menyukai produk kopi X dan sisanya memiliki label kelas bahwa konsumen biasa saja terhadap produk ini.