Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman Jakarta
Abstract
Peningkatan kinerja pelayanan dari instansi pemerintah mulai mendapatkan penegasan secara hukum sejak dikeluarkannya Inpres no. 7 tahun 1999 mengenai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Inpres tersebut yang pada intinya berisikan sistem manajemen kinerja instansi pemerintah telah mewajibkan seluruh instansi pemerintah untuk menyusun suatu rencana stratejik yang berisikan rencana yang akan dijalankan oleh instansi pemerintah. Dalam hal ini “Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta“ perlu memperhatikan kinerja operasionalnya sehingga apa yang menjadi sasaran, tujuan, misi dan visi pelabuhan tersebut dapat tercapai. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kinerja operasional PPS Nizam Zachman Jakarta serta mengetahui aktivitas operasional di PPS Nizam Zachman Jakarta. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kinerja operasional pelabuhan perikanan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan PPS Nizam Zachman Jakarta dalam menjalani peranannya sebagai Pelabuhan Perikanan Samudera dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada pemakai jasa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PPS Nizam Zachman Jakarta memiliki nilai kinerja operasional yang baik yaitu 3,51 termasuk dalam selang (3,4 - ≤ 4,2 yaitu kinerja pelabuhan baik).