Kualitas Pelayanan Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta
Abstract
Pelabuhan perikanan sebagai pusat kegiatan perikanan dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang prima karena menjadi harapan seluruh masyarakat perikanan. Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta (PPSNZJ) merupakan pelabuhan perikanan terbesar yang ada di DKI Jakarta, berskala nasional, dan dapat dijadikan acuan bagi pelabuhan perikanan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas serta menentukan tingkat kualitas pelayanan di PPSNZJ. Penelitian dilakukan secara deskriptif dan menggunakan data kualitatif. Fasilitas terkait jenis pelayanan yang diberikan di PPSNZJ meliputi pelayanan penyediaan bahan perbekalan kapal perikanan, mencakup fasilitas pengadaan air tawar dan solar, pelayanan pendaratan hasil tangkapan mencakup pelayanan tambat labuh, pengadaan buruh dan alat angkut, pelayanan penanganan hasil tangkapan mencakup pelayanan pengadaan es balok dan cold storage, serta pelayanan pemasaran hasil tangkapan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pusat Pemasaran Ikan (PPI). Kualitas pelayanan ditentukan dari nilai Customer Satisfaction Index (CSI). Nilai CSI terbesar yaitu 0,90 dinilai sangat puas pada fasilitas pelayanan di cold storage. Pelayanan penyediaan air tawar, solar, es balok, TPI dan PPI juga dinilai sangat puas namun kinerjanya harus ditingkatkan agar optimal. Pengoptimalan dilakukan dengan peningkatan kebersihan air tawar dan cold storage, kemudahan prosedur pemesanan solar, peningkatan ketersediaan es balok, serta pemberian informasi retribusi di TPI dan tarif sewa lapak di PPI.