Analisis Dayasaing dan Strategi Pengembangan Minyak Sawit dan Turunannya di Indonesia
Date
2012Author
Nayantakaningtyas, Jauhar Samudera
Daryanto, Heny Kuswanti
Metadata
Show full item recordAbstract
Minyak sawit merupakan produk utama pada perkebunan kelapa sawit. Dalam kurun waktu 1980 - 2012, pertumbuhan produksi minyak sawit Indonesia rata-rata per tahun adalah sebesar 10,13 persen. Indonesia dan Malaysia merupakan produsen dan eksportir minyak sawit terbesar di dunia. Pada tahun 2010, kedua negara ini memproduksi 46,7 juta ton minyak sawit atau 85,22 persen produksi minyak sawit dunia. Pada tahun 2010, 57,97 persen ekspor minyak sawit Indonesia masih berupa minyak sawit mentah (Crude Palm Oil), dan 42,03 persen dalam bentuk produk olahan sederhana yang berupa olein/minyak goreng dan oleokimia dasar. Pada tahun 2011, nilai ekspor produk hilir dari minyak sawit Indonesia adalah sebesar US$ 8.484.231.868 dan masih kalah dengan Malaysia yang sudah sebesar US$ 13.650.379.875. Indonesia saat ini baru menghasilkan 23 jenis produk hilir minyak sawit dari sekitar 100 produk hilir minyak sawit yang berupa pangan maupun nonpangan. Sebagian besar CPO yang diolah di dalam negeri masih berupa produk bernilai tambah rendah yakni minyak goreng, sehingga dengan semakin kompetitifnya persaingan di pasar global ini, penting untuk mengetahui dayasaing minyak sawit dan turunannya di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dayasaing minyak sawit dan turunannya di Indonesia pada pasar internasional dan merumuskan strategi pengembangan minyak sawit dan turunannya di Indonesia. Penelitian ini mengkaji komoditi minyak sawit yang berupa Crude Palm Oil (CPO) dengan kode HS 1511100000 dan minyak sawit lainnya (Palm oil or fractions simply refined) dengan kode HS 1511900000 Lingkungan internal penelitian ini merupakan kegiatan dan pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pengolahan minyak sawit. Sementara itu, lingkungan eksternal merupakan kegiatan dan pihakpihak yang berada di luar kegiatan pengolahan minyak sawit. Data yang digunakan sebagian besar merupakan data sekunder, dan sisanya diperoleh dari wawancara. Alat yang digunakan adalah Sistem Berlian Porter, Revealed Comparative Advantage, Matriks SWOT dan Arsitektur Strategik.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]