Analisi Ekuitas Merek Susu Cair UHT (Ultra High Temperature) di Foodmart Plaza Ekalokasari, Kota Bogor, Jawa Barat
Abstract
Susu merupakan bahan pangan dan salah satu sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena mengandung nilai gizi cukup tinggi. Perkembangan teknologi yang semakin maju pada saat ini menyebabkan adanya perubahan pola konsumsi masyarakat dari susu bubuk ke susu cair. Peluang pasar susu cair yang cukup besar di dalam negeri menjadi daya tarik bagi kelompok perusahaan besar untuk masuk dan bersaing di dalamnya. dapat dilihat dari banyaknya merek susu yang beredar, diantaranya adalah merek susu Ultra, Indomilk dan Frisian Flag. Persaingan antar produsen pengolahan susu ini tidak terlepas dari adanya bermacam-macam merek dengan produk yang sama di pasar, maka peran dari merek pun semakin penting sebagai atribut pembeda dari produk sejenis lainnya. Peran dari merek ini sangat terkait dengan kepercayaan masyarakat selaku konsumen terhadap suatu produk. Dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seringkali ditemukan jenis konsumen yang keputusan membelinya lebih didorong oleh merek yang akan dibelinya, hal ini disebabkan persepsi suatu produk dengan produk lainnya dibenak konsumen tidak sama. Oleh karena itu membangun persepsi konsumen harus dilakukan dengan memiliki suatu ekuitas merek yang kuat. Semakin kuat ekuitas suatu produk, maka semakin kuat pula daya tariknya dalam menarik minat konsumen agar mengkonsumsi produk tersebut, dan adanya pemahaman mengenai ekuitas merek ini sangat diperlukan untuk menyusun langkah-langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi merek dan dapat memberikan keunggulan bersaing bagi suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik umum konsumen susu cair UHT dan menganalisis ekuitas merek susu cair UHT yang terdapat di Foodmart Ekalokasari Plaza. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan secara sengaja yaitu di Foodmart Ekalokasari Plaza dikarenakan beberapa produk susu cair UHT dijual di tempat tersebut. Waktu penelitian dilakukan pada bulan November 2009 sampai dengan Januari 2010. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer meliputi data demografi responden dan pertanyaanpertanyaan mengenai elemen-elemen ekuitas merek. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Reliabilitas (hoyt), uji Cochran, Importance Performance Analysis (IPA) dan Brand Switching Patern Matrix. Pengisian kuesioner dilakukan dengan mewawancarai langsung 100 responden yang membeli susu cair UHT di Foodmart Ekalokasari Plaza tersebut, dengan asumsi beberapa responden tersebut dapat mewakili penilaian secara objektif terhadap suatu produk. ..
Collections
- UT - Agribusiness [4610]