Analisis Persepsi Konsumen Cokelat Stick Pada Perusahaan Alia Chocolate Kabupaten Bogor Jawa Barat
Abstract
Industri cokelat skala Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peluang yang baik untuk dikembangkan. Salah satu perusahaan yang tergolong UKM yang dapat memanfaatkan peluang tersebut adalah Alia Chocolate. Perusahaan ini terkenal dengan produk cokelat stick yang saat ini telah terdistribusi ke hampir 60 outlet yang ada di Bogor melalui retailer dan secara langsung oleh perusahaan. Di dalam memasarkan produknya, perusahaan Alia Chocolate berencana dihadapkan pada persaingan dengan perusahaan sejenis lainnya. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya pemahaman terhadap konsumen agat dapat memenangkan persaingan dan mencapai tujuannya. Salah satu cara untuk dapat memahami keinginan konsumen tersebut adalah dengan mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut bauran pemasaran yang telah dilakukan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis karakteristik dan persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran produk cokelat stick “Alia Chocolate” baik untuk konsumen yang melakukan pembelian secara langsung maupun melalui retailer dan (2) Menganalisis perbedaan persepsi antara konsumen yang melakukan pembelian secara langsung dengan melalui retailer terhadap bauran pemasaran cokelat stick “Alia Chocolate”. Penelitian ini dilaksanakan di Perusahaan Alia Chocolate, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Waktu penelitian dilakukan mulai dari bulan Januari hingga April 2010. Responden konsumen yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis faktor. Karakteristik konsumen cokelat stick “Alia Chocolate” dapat dibagi berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan jenis pekerjaan. Berdasarkan usia, mayoritas konsumen cokelat stick “Alia Chocolate” adalah orang tua yang berusia 25-35 tahun yang memiliki anak berusia sekitar 5-12 tahun. Mayoritas konsumen tersebut berjenis kelamin perempuan. Tingkat pendapatan rata-rata konsumen adalah sekitar Rp 1.000.000,00 hingga Rp 5.000.000,00 per bulan. Tingkat pendidikan mayoritas konsumen yang membeli produk di outlet adalah Sarjana (S1) dan SMA untuk respoden yang membeli produk di bazar. Sementara mayoritas jenis pekerjaan untuk responden yang membeli produk di outlet adalah PNS dan ibu rumah tangga untuk responden yang membeli produk di bazar. ...
Collections
- UT - Agribusiness [4251]