Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Warung Bakso Kota Cakman Bogor Buka 24 jam
Abstract
Perubahan gaya hidup masyarakat Kota Bogor akibat meningkatnya aktivitas diluar rumah menyebabkan perubahan pola konsumsi pangan dan cara makan masyarakat. Saat ini, masyarakat kota Bogor cenderung lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan di luar rumah, mulai dari Warung makan pingir jalan sampai restoran-restoran mewah yang menyediakan berbagai macam hidangan. Hal ini disebabkan karena semakin terbatasnya waktu untuk memasak dan mengolah makanan sendiri. Warung Bakso Kota Cakman sebagai salah satu restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan, saat ini telah menjadi alternatif pilihan tempat makan yang digemari di Kota Bogor. Pada awal berdirinya, Warung Bakso Kota Cakman memfokuskan target pasarnya bagi konsumen rumah tangga. Namun seiring dengan perkembangannya, Warung Bakso Kota Cakman mengalami pergeseran target pasar dimana konsumen yang membeli di Warung Bakso Kota Cakman didominasi oleh kawula muda. Keadaan tersebut merupakan tantangan dan peluang bagi pihak Warung bakso Kota Cakman Bogor untuk lebih memahami keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi karakteristik konsumen Warung Bakso Kota Cakman Bogor, menganalisis proses keputusan pembelian yang dilakukan konsumen Warung Bakso Kota Cakman Bogor, menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut serta komitmen konsumen terhadap atribut dan pelayanan Warung Bakso Kota Cakman Bogor. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan analisis Costumer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik konsumen Warung Bakso Kota Cakman, yaitu sebagian besar berusia muda (25-34 tahun), jenis kelamin laki-laki, berprofesi sebagai pegawai swasta, pendidikan terakhir SLTA, belum menikah dan rata-rata tingkat pendapatan per bulan (uang saku per bulan bagi pegawai swasta) sebesar Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000. hasil analisis proses keputusan pembelian konsumen Warung Bakso Kota Cakman Bogor adalah konsumen melakukan pembelian produk untuk memperoleh mamfaat sebagai makanan selingan dan dengan alasan sedang lapar atau haus. ...
Collections
- UT - Agribusiness [4248]