Strategi Pengembangan Usaha Pemotongan Ayam Broiler di RPA Maharani Farm, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat
Abstract
Usaha pemotongan ayam broiler memiliki peluang pasar yang terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, peningkatan pendapatan, dan kesadaran masyarakat akan kebutuhan gizi yang baik. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pemotongan ayam adalah Rumah Potong Ayam (RPA) Maharani Farm. Perusahaan yang terletak di Kota Bandung ini telah menjadi pemasok daging ayam broiler ke beberapa pasar di Kota Bandung, rumah sakit, rumah makan, dan hotel. RPA Maharani Farm telah membuka tempat penjualan daging ayam broiler di Pasar Gedebage, Kota Bandung. RPA Maharani Farm menghadapi beberapa kendala dalam proses pengembangan usahanya. Kendala tersebut antara lain, modal usaha yang terbatas, tingkat persaingan yang meningkat, dan belum menjalin kemitraan dalam bentuk kontrak pemasaran dengan pelanggan. Dengan demikian perusahaan membutuhkan formulasi srategi pengembangan usaha yang dapat digunakan untuk mempertahankan dan mengembangkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi dan menganalisis peluang dan ancaman yang dihadapi RPA Maharani Farm serta kekuatan dan kelemahan yang dimiliki RPA Maharani Farm dalam mejalankan usahanya, (2) merumuskan formulasi strategi bagi RPA Maharani Farm berdasarkan faktor eksternal dan internal perusahaan, dan (3) menentukan prioritas strategi yang tepat untuk diimplementasikan oleh RPA Maharani Farm dalam pengembangan usahanya. Penelitian dilaksanakan di RPA Maharani Farm, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Januari sampai maret 2010. Responden penelitian adalah manajer perusahaan, karyawan bagian distribusi, dan agen penjualan daging ayam broiler di Pasar Kiara Condong. Data yang digunakan dalam penelitian terdriri dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis Matriks Internal Factor Evaluation (IFE) dan External Factor Evaluation (EFE), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matriks Strength, Weakness, Opportunities, Threats (SWOT), dan Matriks Quantitative Strategic Planning (QSP).
Collections
- UT - Agribusiness [4618]