Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Restoran Seafood Golden Prawn Kota Batam Berdasarkan Atribut Bauran Pemasaran
Abstract
Kota Batam sebagai salah satu daerah kepulauan di Provinsi Kepulauan Riau memiliki potensi hasil laut yang dapat dijadikan kekayaan kuliner ciri khas daerah. Kekayaan kuliner berbasis hasil laut tersebut mampu menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengadakan kunjungan wisata ke Kota Batam. Kunjungan wisatawan akan berdampak pada peningkatan devisa negara, serta perkembangan usaha kuliner seafood khususnya restoran seafood. Meskipun demikian, usaha restoran seafood dihadapkan pada persaingan usaha kuliner yang meningkat setiap tahunnya. Bahkan, pada tahun 2007 hingga 2008 tercatat empat restoran seafood baru di Kota Batam. Hal tersebut diindikasikan berdampak pada penerimaan laba bersih restotan seafood Golden Prawn. Pada rentang bulan Desember 2008 hingga November 2009, restoran seafood Golden Prawn lebih banyak mengalami pertumbuhan laba bersih negative sehingga ada peluang penurunan laba bersih pada bulan berikutnya. Penurunan laba bersih tersebut dikarenakan jumlah konsumen yang melakukan pembelian di restoran seafood Golden Prawn menurun. Penurunan jumlah konsumen restoran seafood Golden Prawn diduga adanya penurunan tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen. Beberapa konsumen yang harapannya belum terpenuhi menuliskan keluhannya di blog. Untuk itu, restoran seafood Golden Prawn membutuhkan analisis tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen berdasarkan atribut bauran pemasaran untuk mengetahui kinerja atribut restoran yang dinilai rendah oleh konsumen. Hasil dari analisis tersebut dapat membantu restoran dalam memformulasikan serta memilih strategi pemasaran yang sesuai. Strategi pemasaran yang tepat sasaran dapat membentuk dan mempertahankan tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen restoran seafood Golden Prawn serta mendapatkan konsumen baru. ..
Collections
- UT - Agribusiness [4611]