Kinerja Operasional Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu, Jawa Barat
Abstract
Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Palabuhanratu merupakan salah satu pusat kegiatan perikanan yang pada saat ini dalam tahap rencana peningkatan status menjadi Pelabuhan Perikanan Samudera. Penyediaan fasilitas dan kualitas pelayanan yang baik merupakan hal yang paling utama dalam mendukung kegiatan tersebut. Namun demikian, permasalahan yang ada di pelabuhan perikanan selama ini adalah rendahnya tingkat operasional dan pelayanan pelabuhan perikanan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal pelabuhan perikanan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui aktivitas operasional dan kinerja operasional PPN Palabuhanratu, yang dapat digunakan sebagai dasar bagi penyelesaian permasalahan yang ada. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa kinerja operasional PPN Palabuhanratu termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai sebesar 3,03. Pencapaian nilai ini didukung oleh jumlah produksi dan frekuensi kunjungan kapal yang masingmasing nilai keberhasilannya 81,8% dan 119,8%, sedangkan untuk penyediaan fasilitas dan kualitas pelayanan yang dilihat dari parameter kepuasan nelayan memiliki nilai keberhasilan yang rendah yaitu dengan rata-rata 16%. Hal ini menunjukkan bahwa pembangunan PPN Palabuhanratu selanjutnya harus lebih memperhatikan penyediaan fasilitas dan peningkatan kualitas pelayanan