Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Rumah Makan Khas Jawa Carita di Kabupaten Gresik Jawa Timur serta Implikasinya Terhadap Strategi Bauran Pemasaran
Abstract
Gresik yang dikenal sebagai salah satu kawasan industri di Jawa Timur merupakan faktor terjadinya modernisasi. Kondisi perubahan gaya hidup masyarakat di Kabupaten Gresik dipengaruhi oleh peningkatan jumlah penduduk yang diikuti dengan peningkatan jumlah tenaga kerja. Hal tersebut menjadikan aktivitas masyarakat lebih banyak dilakukan di luar rumah, sehingga pemenuhan kebutuhan akan makanan pun akan lebih banyak dilakukan di luar rumah. Hal ini menyebabkan meningkatnya jasa penyedia makanan. Pertumbuhan jumlah rumah makan di Kabupaten Gresik kian pesat, banyaknya pemain industri rumah makan menyebabkan persaingan antara pelaku usaha semakin tinggi. Salah satu rumah makan yang berada dalam persaingan adalah Rumah Makan Carita. Pada perkembangannya, jumlah penerimaan yang diperoleh Rumah Makan Carita cenderung fluktuatif dan mengalami penurunan. Jumlah penerimaan yang fluktuatif tersebut akan menyebabkan pendapatan yang diperoleh Rumah Makan Carita mengalami naik turun. Naik turunnya pendapatan merupakan salah satu indikator belum tercapainya kepuasan konsumen sepenuhnya. Karena penerimaan yang cenderung fluktuatif berarti jumlah konsumen yang berkunjung ke Rumah Makan Carita juga fluktuatif. Oleh sebab itu, sampai saat ini jumlah target konsumen Rumah Makan Carita belum tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik umum konsumen dan menganalisa proses keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Rumah Makan Carita, menganalisis tingkat kepuasan konsumen tehadap atribut- atribut yang ada di restoran Carita, menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap restoran Carita, dan menganalisis alternatif strategi bauran pemasaran yang tepat berdasarkan perilaku konsumen restoran Carita. Penelitian dilaksanakan di Rumah Makan Carita Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Februari hingga Maret 2012. Responden penelitian adalah konsumen Rumah Makan Carita sebantak 97 responden. Penelitian ini menggunkan metode analisis deskriptif (descriptive analysis), Customer Satisfaction Index (CSI), Importance performace Analysis (IPA), dan piramida loyalitas. Karakteristik konsumen yang terdapat dalam penelitian ini meliputi responden yang datang ke Rumah Makan Carita sebagian besar adalah berjenis kelamin laki-laki dan berada pada usia produktif. Responden Rumah Makan Carita sebagian besar sudah menikah dan pada umumnya didominasi oleh orang yang berasal dari wilayah Kabupaten Gresik. Sedangkan tingkat pendidikan responden Rumah Makan Carita didominasi oleh orang yang berpendidikan terakhir sarjana. Sebagian besar responden Rumah Makan Carita adalah konsumen yang sudah bekerja sebagai pegawai swasta dan pendapatan/uang saku rata-rata responden Rumah Makan Carita setiap bulan berkisar antara Rp 2.000.000,00-Rp3.500.000,00.
Collections
- UT - Agribusiness [4248]