Pengaruh Kelompok Acuan terhadap Kesadaran dan Konsumsi Beras Merah (Oryza nivara)
Reference Group‟s Influence towards Awareness and Consumption of Brown Rice (Oryza nivara).
Abstract
Several years lately, brown rice (Oryza nivara) consumption has been popular as the part of healthy life style. This research aimed to analyze the reference group’s influence towards awareness and consumption of brown rice. This research used cross sectional study design, involved 130 samples who’s choosed by snowball method in Bogor. This research revealed that reference group was influenced by the motive of consumption (p<0,01). It also significantly related to consumer’s age (p<0,05). The awareness had a relationship with education level and media (p<0,05), but only education level that gave significant influence towards awareness. Reference group’s strength also gave an influence, that is the increasing in reference group’s strength will lessen the awareness. There’s an expectation that information overload effect was the cause. The brown rice consumption significantly related to the education level, socio-economic status, and awareness (p<0,05). However, only the awareness that was significantly influencing the consumption of brown rice. Beberapa tahun terakhir ini konsumsi nasi yang terbuat dari beras merah (Oryza nivara) dipopulerkan sebagai bagian dari gaya hidup sehat. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap kesadaran dan konsumsi beras merah. Desain penelitian yang digunakan adalah desain cross sectional study dan melibatkan 130 contoh yang dipilih dengan metode snowball di wilayah Bogor. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa besar pengaruh kelompok acuan yang dirasakan konsumen dipengaruhi oleh alasan konsumsi (p<0,01). Selain itu, kelompok acuan juga memiliki hubungan yang signifikan dengan usia konsumen (p<0,05). Kesadaran memiliki hubungan nyata dengan pendidikan dan media (p<0,05), namun hanya pendidikan yang memberikan pengaruh signifikan terhadap kesadaran. Kekuatan kelompok acuan juga mempengaruhi kesadaran, yaitu saat kekuatan kelompok acuan semakin tinggi maka kesadaran akan menurun. Salah satu dugaan hal ini terjadi karena terdapat efek information overload. Konsumsi beras merah berhubungan nyata dengan pendidikan, pendapatan keluarga (SES), dan kesadaran (p<0,05), namun hanya kesadaran yang mempengaruhi konsumsi beras merah secara signifikan