Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis,Musa
dc.contributor.authorRahmawati, Mega Tri
dc.date.accessioned2012-07-30T07:06:29Z
dc.date.available2012-07-30T07:06:29Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56192
dc.description.abstractPerubahan pola konsumsi dan kebutuhan masyarakat akan kendaraan dapat terlihat dari peningkatan jumlah kendaraan bermotor setiap tahun. Hal ini membuat produsen dan dealer Yamaha untuk selalu berusaha memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan atas produk dan layanannya. PT Jayamandiri Gemasejati Bogor (JG Bogor) merupakan salah satu dealer resmi Yamaha yang melayani service motor. Dengan semakin meningkatnya penjualan sepeda motor di JG Bogor, maka dibutuhkan layanan service perbaikan dan perawatan sepeda motor agar pelanggan merasakan nilai lebih atas pembelian produknya. Untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, maka JG Bogor harus menjaga dan mempertahankan loyalitas pelanggannya melalui mutu layanan di Bengkel resmi Yamaha tersebut. Tujuan penelitian ini : (1) Mengkaji tingkat kinerja mutu layanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan service sepeda motor Yamaha pada PT Jayamandiri Gemasejati Bogor; (2) Menganalisis pengaruh mutu layanan terhadap loyalitas pelanggan service sepeda motor Yamaha pada PT Jayamandiri Gemasejati Bogor. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer bersumber dari pelanggan service motor JG Bogor dan service advisor. Data sekunder diperoleh dari berbagai buku, literatur, internet dan hasil-hasil penelitian terdahulu. Penentuan pengambilan contoh menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria responden yang telah menggunakan layanan service motor lebih dari 1 (satu) kali dengan alat analisis Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software Linear Structural Relationship (Lisrel) 8.30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja mutu layanan di JG Bogor tergolong baik, dengan tiga (3) prioritas utama yang harus menjadi perhatian berdasarkan IPA adalah fasilitas ruang tunggu, wi-fi, AC, toilet, kantin, musholla dan tempat parkir, jumlah Staff mekanik dan tersedianya suku cadang dan komponen motor lain dengan mutu yang bagus, berdasarkan hasil CSI tingkat kepuasan pelanggan tergolong puas dan tingkat loyalitas pelanggan tergolong baik. Analisis SEM menyatakan bahwa mutu layanan berpengaruh positif dan nyata terhadap loyalitas pelanggan.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titlePengaruh Mutu Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Service Sepeda Motor Yamaha pada PT Jayamandiri Gemasejati Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record