Analisis Pendapatan Usahatani dan Pemasaran Kopi Arabika dan Kopi Robusta (Studi Kasus di Desa Tambun Raya Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara)
Abstract
Komoditas kopi merupakan salah satu komoditas penting dalam sub sektor perkebunan. Sebagian besar produksi kopi Indonesia merupakan komoditas perkebunan yang diekspor ke pasar dunia. Luas lahan pertanian yang besar merupakan potensi untuk mengembangkan kopi Indonesia, selain hal tersebut kopi mempunyai peranan yang penting baik dad segi ekonomi maupun sosial. Perkebunan kopi di Indonesia dibagi menjadi dua bagian yaitu perkebunan rakyat dan perkebunan besar. Penyumbang kopi terbesar adalah Sumatera. Permasalahan yang dihadapi dalam usahatani kopi adalah banyaknya petani yang beralih dari usahatani kopi Robusta menjadi usahatani kopi Arabika. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk : (I) menganalisis pendapatan usahatani kopi Robusta dan kopi Arabika berdasarkan penerimaan petani dan total biaya yang dikeluarkan petani dalam mengusahakan kedua jenis kopi tersebut. (2) menganalisis lembaga pemasaran yang terlibat dalam saluran pemasaran kopi Arabika dan kopi Robusta dan peranan dad setiap lembaga.(3) menganalisis efisiensi pemasaran kopi Arabika dan kopi Robusta dengan pendekatan fungsi-fungsi pemasaran, lembaga pemasaran, saluran pemasaran dan margin pemasaran. Penelitian dilakukan di Desa Tambun Raya Kabupaten Simalungun Propinsi Sumatera Utara. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung dengan petani,sedangkan data sekunder diperoleh dari BPS dan sumber lain yang relevan.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]