Kepribadian, Konsep Diri, Gaya Hidup, dan Perilaku Pembelian Pakaian Batik pada Mahasiswa
self concept, lifestyle, and purchasing behavior to batik cloth forward undergraduate students.
Abstract
The objectives of the study were to analyze personality, self concept, lifestyle, and purchasing behavior of undergraduate students to buy batik clothing. Survey method of cross sectional design was employed by selecting 350 undergraduate students of Bogor Agricultural University as respondents. This study used Crosstab, Chi-square, and K Mean Cluster test. The result showed that undergraduate student’s personality was extraversion (they conveniently close to others); their self concept was ideal self (see themself as an ideal in others eyes), and their lifestyle was individualistic (lifestyle that is fun, outstanding, and have self regulating). Purchasing behavior on the type of batik in batik tulis, they respect the attributes of product, while in origin of batik, they tend to buy local batik and respect the attributes of product. The Crosstab result showed the sample had personality (extraversion, consciouness, and sophistication), self-concept (actual self and ideal self), and individualistic lifestyle likely tend to buy batik tulis than stamped batik and printed batik. All dimensions of personality, type of self-concept, and lifestyle tend to buy local batik than imported batik. The result of Chi-Square showed the relationship between the sexes with favorite types of batik (batik tulis,stamped batik ,and printed batik), an allowance related to batik pattern (apparel and fabric), and the origin of batik (local and imported). In addition, the personality was also associated with batik pattern Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kepribadian, konsep diri, gaya hidup dan perilaku pembelian pakaian batik pada mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan jumlah contoh 350 orang mahasiswa Institut Pertanian Bogor. Penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif, Crosstab, Chi-Square, dan K Means Cluster. Berdasarkan uji K Mean Cluster, kepribadian mahasiswa IPB adalah extraversion, yaitu mudah dekat dengan orang lain; konsep diri ideal self, yaitu memandang dirinya ideal dimata orang lain; dan gaya hidup individualis, yaitu gaya hidup bersenang-senang, berprestasi, dan mengatur diri sendiri. Perilaku pembelian pada jenis batik adalah batik tulis dengan memperhatikan pada atribut produk dalam pembelian, sedangkan asal batik cenderung membeli batik lokal dengan memperhatikan atribut produk. Hasil Crosstab menunjukkan, contoh yang memiliki kepribadian (extraversion, consciouness, dan sophistication), konsep diri (actual self dan ideal self), dan gaya hidup individualis cenderung membeli batik tulis dibandingkan batik cap dan print. Semua dimensi kepribadian, tipe konsep diri, dan gaya hidup contoh lebih cenderung membeli pakaian batik lokal dibandingkan impor. Hasil Chi-Square menunjukkan hubungan antara jenis kelamin dengan tingkat kesukaan contoh pada jenis batik (batik tulis, cap, dan print), uang saku berhubungan dengan pattern batik (pakaian jadi dan kain) dan asal batik (batik lokal dan batik impor). Selain itu kepribadian juga berhubungan dengan pattern batik.