Analisis Strategi Promosi Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel Kota Bogor, Jawa Barat
Abstract
Kebutuhan pangan, yaitu makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar bagi manusia untuk mempertahankan hidupnya. Seiring dengan perkembangannya, hingga pesatnya perdagangan, industri pengolahan pangan, jasa dan informasi menyebabkan terjadinya perubahan gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat. Perubahan tersebut mempengaruhi kebiasaan seseorang untuk mengkonsumsi makanan dan minuman menuju kearah yang lebih praktis. Salah satu jasa penyedia makanan yang di gemari dan berkembang adalah jenis usaha restoran. Restoran dalam hal ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk menyediakan makanan sendiri. Selain itu, sebuah restoran harus dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik. Makanan yang enak, kenyamanan tempat dan suasana restoran, menjadi salah satu bagian yang menjadi pertimbangan konsumen untuk datang ke restoran tersebut. Kota Bogor sebagai salah satu kota tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara maupun domestik, memiliki potensi yang cukup baik untuk perkembangan bisnis di bidang usaha restoran. Jumlah restoran di kota Bogor dari tahun 2008 - 2010 mengalami perubahan dalam jumlah restorannya, akan tetapi dilihat dari jumlah kunjungan wisatawan ke kota Bogor dari tahun 2008 - 2010 mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat banyak potensi wisatawan ke kota Bogor dan merupakan peluang bagi pengusaha di bidang restoran yang terdapat di Kota Bogor. Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel merupakan restoran yang menyajikan beragam macam menu makanan dan minumam, dengan produk utama yang di milikinya yaitu pastel, pizza dan rijsttafel. Jumlah penjualan rata-rata restoran ini belum sesuai dengan kapasitas produksi yang dimiliki. Hal ini menunjukkan bahwa kunjungan dan pembelian produk belum dapat memenuhi target. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi yang tepat untuk mempromosikan Pastel Pizza & Rijsttafel agar masyarakat dapat mengetahunya dani kemudian dapat mengkomunikasikan produknya kepada konsumen agar dapat meraih pangsa pasar. Berdasarkan uraian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi bentuk kegiatan promosi yang telah dijalankan, menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh dalam penyusunan strategi dan merumuskan alternatif strategi promosi yang tepat bagi Pastel Pizza & Rijsttafel. Penelitian ini dilakukan di Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel, yang berlokasi di Jalan Binamarga I No.1 Kota Bogor. Pemilihan tempat penelitian ini dilakukan secara sengaja (purposive), dengan mempertimbangkan bahwa Pastel & Pizza Rijsttafel merupakan restoran yang tergolong masih baru didirikan dan menghadapi tingkat persaingan usaha yang cukup tinggi antar kompetitor dalam lingkungan industri yang sama, yaitu industri makanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – September 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang didapat dari hasil observasi, wawancara, kuisioner, literatur dan instansi yang terkait dengan penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan metode (Analitycal Hierarchi Process) dan diolah dengan menggunakan software Expert Choice 2000. Hasil dari wawancara dengan pihak Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel, diketahui bahwa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan promosi tersebut adalah menginformasikan produk dan lokasi, meningkatkan penjualan dan menghadapi pesaing. Sementara faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan strategi promosi adlah faktor anggaran, karakteristik produk, karakteristik pasar, daur hidup produk, pesaing dan konsumen. Kemudian berdasarkan kendala dan pendukung yang dimiliki oleh pihak Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel, maka dibuat lima alternatif strategi promosi yang dapat dilaksanakan dalam rangka untuk mencapai tujuan promosinya. Kelima perlu alternatif tersebut adalah tidak melakukan perubahan, menitikberatkan pada periklanan, menitikberatkan pada promosi penjualan, menitikberatkan pada hubngan masyarakat dan menitikberatkan pada pemasaran langsung. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa kegiatan promosi yang telah dijalankan oleh pihak Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel, meliputi periklanan (brosur, banner, kartu nama, papan reklame, pengemasan), promosi penjualan (pizza 10 meter, bonus produk, peserta bazaar), hubungan masyarakat (peliputan di media cetak dan elektronik, kerjasama dengan dinas, kepedulian sdosial). Kemudian hasil dari wawancara dengan pihak Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel diperoleh dua struktur yang saling berkaitan yang terdiri dari dua hirarki. Hirarki pertama disusun untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan strategi promosi. Hirarki tersebut terdiri dari fokus pada tingkat 1, tujuan pada tingkat 2, faktor pada tingkat 3 dan sub faktor pada tingkat 4. Hirarki yang ke dua disusun untuk menganalisis pemilihan strategi promosi yang tepat. Hirarki tersebut terdiri dari fokus pada tingkat 1, kendala dan pendukung pada tingkat 2, sub kendala dan pendukung pada tingkat 3 dan sub tingkat 3 pada tingkat 4. Berdasarkan hasil penelitian dengan metode AHP, pada hirarki pertama dapat diidentifikasi bahwa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan promosi tersebut adalah menginformasikan produk dan lokasi. Faktor utama yang mempengaruhi penyusunan strategi promosi tersebut adalah anggaran. Dimana pihak Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel perlu memperhatikannya terkait dengan dana yang selanjutnya dapat digunakan untuk kegiatan promosi. Kemudian hasil pada hirarki kedua, alternatif strategi promosi yang tepat Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel adalah menitikberatkan pada promosi penjualan. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikemukakan beberapa saran yng berkaitan dengan kegiatan promosi Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel, yaitu Restoran Pastel Pizza & Rijsttafel perlu memanfaatkan pendukung yang dimiliki dengan ikut serta dalam kegiatan pameran dan bazaar dan memberikan voucher atau cinderamata sehingga akan dapat diingat oleh konsumen
Collections
- UT - Agribusiness [4254]