Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorHandayani, Putri
dc.date.accessioned2011-11-29T02:42:33Z
dc.date.available2011-11-29T02:42:33Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51981
dc.description.abstractPerusahaan Umum Pegadaian (Perum Pegadaian) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berada dibawah Kementrian Negara BUMN yang menawarkan jasa gadai. Kini Perum Pegadaian memiliki banyak Cabang Induk disetiap wilayah Indonesia, dimana Cabang Induk tersebut memiliki Unit Pembantu Cabang (UPC). Pegadaian menawarkan beberapa produk, salah satu produknya yaitu Kredit Cepat Aman (KCA). Kredit KCA adalah pinjaman berdasarkan hukum gadai dengan prosedur pelayanan yang mudah, aman dan cepat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi karakteristik nasabah Produk Kredit Cepat Aman Perum Pegadaian Juanda Cabang Bogor, 2) Menganalisis proses pengambilan keputusan nasabah dalam memilih Produk Kredit Cepat Aman Pegadaian, 3) Menganalisis faktor-faktor Kredit Cepat Aman Pegadaian yang dipentingkan nasabah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Judgement sampling sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel dan program SPSS versi 17 for windows . Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar dari nasabah berjenis kelamin perempuan(73%) dengan usia 31-40 tahun (33%), sudah menikah (81%), tingkat pendidikan lulusan SMA/SMK (54%), pekerjaan yaitu ibu rumah tangga (38%) dengan pendapatan sebesar Rp 500.000- Rp 1.500.000 (28%). Pada tahap pengenalan kebutuhan tujuan menggunakan Produk KCA Pegadaian untuk kebutuhan mendesak (76%). Pada tahap pencarian informasi, diperoleh melalui informasi dari teman/ kenalan (45%). Pada tahap evaluasi, pertimbangan utama adalah kemudahan transaksi (56%). Pada tahap pengambilan keputusan, nasabah memprioritaskan Produk KCA Pegadaian (92%), cara memutuskan tergantung situasi (39%), barang yang digadaikan adalah emas (79%). Pada tahap pasca pembelian, sebagian besar nasabah menyatakan suka (49 dan puas (63%). Nasabah bersedia untuk mereferensikan Produk KCA Pegadaian kepada orang lain (90%). Hasil pengujian untuk mengetahui faktor-faktor Produk KCA pegadaian yang lebih dipentingkan nasabah, diketahui nilai KMO sebesar 0.792 yang berarti layak untuk dilakukan pengujian selanjutnya. Terdapat lima faktor yang terbentuk dalam analisis ini. Berdasarkan hasil pengolahan data pada faktor pelayanan, atribut yang paling berpengaruh adalah keramahan pelayanan (0.782). Faktor kenyamanan adalah pemeliharaan berbagai fasilitas dan sarana (0.798). Pada faktor kemudahan adalah lokasi strategis (0.579). Faktor kepercayaan adalah prosedur menggadai mudah terpenuhi (0.766), pada faktor harga adalah batas waktu pelunasan (0.677).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Proses Pengambila Keputusan Produk Kredit Cepat Aman Pegadaian Nasabah Perum Pegadaian Juanda Cabang Bogoren


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record