Analisis strategi pengembangan usaha bibit dan media tanam jamur tiram putih di PT.Z, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Abstract
Jamur mulai diproduksi secara luas di Indonesia terutama di Jawa Barat sejak 1999. Terbukanya pasar di dalam dan diluar negeri memberikan tantangan bagi produsen jamur di Indonesia untuk bersaing dalam memenuhi permintaan konsumen akan kualitas dan kontinuitas produk yang tinggi. Menurut Masyarakat Agribisnis Jamur Indonesia (MAJI), jamur sudah menjadi industri dalm bidang pertanian yaitu industri hulu (bibit dan media tanam), tengah (budidaya jamur), hilir (pemasaran dan pengolahan pasca panen). Akibat tingginya tingkat persaingan di tengah situasi ekonomi dan kondisi pasar yang tidak menenetu, tidak jarang perusahaan yang hanya memfokuskan pada industri tertentu saja dalam industri jamur, seperti PT. Z di Lembang, Bandung, Jawa Barat. PT. Z bergerak pada industri hulu bibit dan media tanam jenis jamur tiram putih yang paling banyak diminati para produsen jamur. Oleh karena itu dalam menjalankan usahanya, perusahaan perlu memiliki kemampuan adaptasi tinggi terhadap perubahan lingkungan sehingga dapat menyusun strategi pengembangan usaha.
Collections
- UT - Agribusiness [4611]