View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis dayasaing dan strategi pengembangan agribisnis teh Indonesia

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (2.592Mb)
      Date
      2011
      Author
      Nurunisa, Venty Fitriany
      Baga, Lukman Mohammad
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Peranan teh sebagai bahan baku bagi industri, kontributor devisa bagi negara, penyerap tenaga kerja dalam jumlah besar yang juga memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar perkebunannya telah menjadikan teh sebagai salah satu komoditas unggulan nasional. Posisi Indonesia dalam perdagangan internasional merupakan salah satu produsen sekaligus eksportir teh terbesar di dunia. Tahun 2008, pangsa pasar ekspor Indonesia mencapai 5,8 persen dari total ekspor dunia. Namun, kondisi tersebut bukan merupakan kondisi optimal agribisnis teh Indonesia. Selama sepuluh tahun terakhir, Indonesia cenderung mengalami penurunan luas area, yang kemudian berdampak kepada volume produksi dan penurunan volume ekspor. Sejak tahun 2000, Indonesia kehilangan sekitar 2,18 persen area perkebunan teh per tahun. Hal tersebut berdampak pada penurunan rata-rata produksi dan ekspor sebesar 0,83 dan 1,7 persen per tahun. Hal ini tidak dapat dibiarkan, mengingat kendala yang dihadapi oleh sebuah subsistem dalam sistem agribisnis teh Indonesia akan berdampak terhadap kinerja subsistem lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menelaah kondisi sistem agribisnis teh di Indonesia, menganalisis dayasaingnya serta merumuskan strategi pengembangan yang tepat untuk meningkatkan dayasaing tersebut. Teh yang diteliti adalah teh curah sebagai produk yang dieskpor Indonesia. Pada analisis strategi, lingkup penelitian yang digunakan adalah subsistem budidaya dan pengolahan teh curah sebagai lingkungan internal, sementara subsistem hulu, pemasaran dan subsistem jasa penunjang ditambah dengan kondisi global termasuk ke dalam lingkungan eksternal. Teh yang diteliti adalah teh hitam dan teh hijau curah yang merupakan produk teh mayoritas yang diekspor oleh Indonesia. Data yang digunakan hampir 70 persen merupakan data sekunder, dan sisanya diperoleh dari wawancara dan observasi lapang (data primer). Alat yang digunakan adalah kerangka sistem agribisnis teh, Sistem Berlian Porter, Matriks SWOT dan Arsitektur Strategik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/50013
      Collections
      • UT - Agribusiness [4770]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository