Perilaku konsumen dalam membuat keputusan memancing pada kolam pemancingan di Bogor Jawa Barat
Abstract
Aktifitas memancing banyak dilakukan oleh masyarakat sebagai alternatif kegiatan pengisi liburan pada saat ini namun lokasi yang dijadikan tempat melakukan aktifitas memancing semakin berkurang. Hal ini dilihat oleh pelaku bisnis sebagai peluang usaha dengan membangun kolam-kolam pemancingan buatan yang disewakan. Salah satu daerah yang banyak dibangun kolam pemancingan adalah Bogor Barat. Bertambahnya jumlah kolam pemancingan berdampak pula pada berkurangnya jumlah pemancing (konsumen) di sebuah kolam pemancingan. Berbagai upaya telah dilakukan para pengelola untuk menghadapi penurunan ini, namun karena usaha ini adalah usaha dibidang jasa sehingga segala keputusan yang berkaitan dengan penentuan lokasi pemancingan seluruhnya ada di tangan konsumen. Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi karakteristik konsumen kolam pemancingan, menganalisis proses memancing yang dilakukan oleh konsumen kolam pemancingan, dan menganalisis faktor apa saja yang diduga mempengaruhi perilaku kosumen dalam membuat keputusan memancing di kolam pemancingan di daerah Bogor Barat, penelitian ini dilakukan pada kolam pemancingan Mahoni, Lagena dan Djambur Mas.