Kajian bentuk kasko model kapal terhadap tahanan gerak model kapal
Abstract
Kapal ikan merupakan wahana apung dimana beberapa aktifitas perikanan dapat dilakukan diatasnya. Salah satu faktor yang harus dipenuhi oleh kapal ikan adalah mampu bergerak dengan kecepatan tinggi. Kecepatan kapal dipengaruhi oleh tahanan gerak, dimana semakin besar tahanan gerak maka kecepatan kapal akan semakin berkurang. Tahanan gerak juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar kapal. Besar kecilnya tahanan gerak yang dihasilkan oleh kasko kapal sangat dipengaruhi oleh bentuk dan dimensi kasko kapal. Dalam penelitian ini hanya digunakan empat bentuk kasko, yaitu U-bottom, round bottom, round flat bottom, dan akatsuki. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis perbedaan desain dari keempat bentuk kasko model kapal, (2) Menghitung dan menganalisis tahanan gerak model kapal berdasarkan bentuk kasko dan kecepatan arus. Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan desain dari keempat bentuk kasko model ikan kapal.