Strategi Bisnis Ikan Hias Air Tawar Pada Kelompok Pembudidaya Ikan Hias Nusa Hias, Desa Cibitung Tengah Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor
Abstract
Nusa Hias adalah salah satu kelompok pembudidaya ikan hias, tanaman hias dan ikan konsumsi yang berada di Kabupaten Bogor. Usaha bisnis yang dijalankan tidak lepas dari berbagai masalah yang berada di dalam maupun di luar kelompok dalam memformulasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi agar tujuan dan sasaran dapat tercapai. Strategi bisnis yang diterapkan pada KPIH Nusa Hias bertujuan untuk menganalisis faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal berupa peluang dan ancaman KPIH Nusa Hias. Manfaat penelitian bagi KPIH Nusa Hias sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan strategiKPIH Nusa Hias. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan satuan kasus KPIH Nusa Hias, sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder, pengambilan responden menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan IFE, EFE, IE, SWOT, SPACE, GS dan QSPM. Berdasarkan analisis matriks IFE diperoleh skor sebesar 2,739 dan matriks EFE diperoleh skor sebesar 2,618 dengan rata-rata 2,678. Hal ini menunjukkan bahwa KPIH Nusa Hias mampu memanfaatkan kekuatan internal kelompok untuk memperoleh peluang eksternal yang lebih besar serta mengatasi kelemahan dan menghindari ancaman yang dapat membahayakan usaha ikan hias. Selanjutnya dilakukan analisis strategi IE, SWOT, SPACE dan GS. Langkah terakhir adalah melakukan analisis penentuan prioritas alternatif strategiterbaik pengembangan pasar, penetrasi pasar dan pengembangan produk. Pengembangan pasar dilakukan melalui kemitraan,promosi dan peningkatan fasilitas. Penetrasi pasar dilakukan melalui temu usaha dengan para pembudidaya, suplayer, pemerintah pihak swasta, pemerintah, pihak swasta dan perusahaan ekspor ikan hias. Sedangkan pengembangan produk dilakukan dengan menambah jumlah, ukuran dan jenis ikan hias yang dibudidayakan.