Analisis strategi Pengembangan Produk Pada CV Banyu Biru, Jakarta Selatan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi perusahaan dengan menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan menetapkan strategi pengembangan produk berdasarkan analisis SWOT pada CV Banyu Biru. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan, diketahui pada lingkungan internal CV Banyu Biru terdapat 14 faktor strategis yang terdiri dari 10 faktor kekuatan dan 4 faktor kelemahan. Pada lingkungan eksternal terdapat 11 faktor strategis yang terdiri dari 7 faktor peluang dan 4 faktor ancaman. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT diperoleh 3 prioritas alternatif strategi utama yaitu: menambah pemasok karang hias hasil transplantasi karena stok karang hias hasil transplantasi terbatas, mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas karang hias alami agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, memilih lebih pemasok karang hias dari Kepulauan Seribu.