Tingkat Kepuasan konsumen Terhadap Mutu Pelayanan Pemancingan Nilai Kencana di Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang memberikn kepuasan konsumen, besar tingkat kepuasan dan prioritas perbaikan terhadap atribut mutu pelayanan yang harus dilakukan pihak pengelola pemancingan Nilai Kencana. Nilai Kencana memiliki lokasi yang strategis, lingkungan yang asri, harga yang relatif terjangkau sehinggga menarik minat konsumen dari berbagai daerah baik dari dalam maupun luar kota Subang. Pada saat memeasuki tahun 2006 terjadi penurunan jumlah konsumen. Fluktuasi jumlah konsumen pada pemancingan Nila Kencana diduga dipengaruhi oleh tingkat kepuasan, hobi serta pelayanan pengelola pemancingan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan satuan kasus konsumen pemancingan Nila Kencana dan objek yang diteliti adalah tingkat Kepuasan Konsumen. Uji validitas dan uji reliabilitas dilakukan untuk melihat kevalidan dan keandalan kuesioner sebagai instrumen utama pengambilan data. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis cochran q test, importance and Performance Analysis