Studi sosial ekonomi dan persepsi masyarakat terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan hutan tanaman industri PT. Nityasa Idola di Kalimantan Barat
Abstract
Sebagai salah satu pelaku dalam pembangunan ekonomi nasional, sebuah perusahaan sudah seharusnya memperhatikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan sekitarnya. PT Nityasa Idola merupakan salah satu perusahaan yang memegang sertifikat IUPHHK-HTI, telah menjalankan program CSR dalam upaya tanggung jawab sosial bagi masyarakat sekitarnya. Selain merupakan tanggung jawab sosial perusahaan, kegiatan CSR yang dilakukan oleh PT Nityasa Idola untuk meraih simpati masyarakat agar dapat memperoleh izin dalam pemanfaatan lahan konsesi yang diklaim milik masyarakat. Namun hasil kegiatan CSR belum memberikan feedback positif bagi perusahaan dalam meningkatkan produksi tanam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar perusahaan, mengevaluasi implementasi CSR perusahaan, dan menganalisis persepsi masyarakat sekitar perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis garis kemiskinan Sajogyo (1996), analisis skala Likert dan analisis trend linear. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan kondisi sosial masyarakat dan implementasi kegiatan CSR perusahaan. Analisis garis kemiskinan Sajogyo digunakan untuk mengetahui kondisi ekonomi masyarakat. Sedangkan analisis skala Likert dan trend linear digunakan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap perusahaan. Berdasarkan hasil observasi lapang diketahui bahwa implementasi CSR sudah dirasakan cukup bermanfaat bagi masyarakat. Perusahaan belum merasakan feedback positif implementasi CSR dari masyarakat dalam meningkatkan produksi tanam disebabkan rendahnya kinerja perusahaan dalam menjalankan hasil kerjasama lahan bersama masyarakat. Oleh karena itu perusahaan seharusnya memperbaiki kinerja teknis di lapangan serta menyusun program CSR jangka pendek dan jangka panjang yang lebih sistematis.
Collections
- UT - Forest Management [2545]