Analisis sikap dan kepuasan konsumen traktor tangan (studi kasus : di Kecamatan Bojongpicung, Kabupaten Cianjur Jawa Barat)
Abstract
Ketersediaan padi di Indonesia sebagai kebutuhan pokok menjadi titik perhatian khusus dalam pemenuhan kebutuhan pangan manusia, oleh karena itu dilakukan berbagai cara untuk meningkatkan produksi padi. Salah satu cara yang dilakukan adalah penggunaan teknologi berupa traktor tangan, ketersediaan traktor tangan di Indonesia didukung oleh delapan perusahaan besar diantaranya adalah PT Kubota Indonesia dan PT Yanmar Agriculture Indonesia yang memiliki penjualan cukup baik di Jawa Barat. Penggunaan traktor tangan berlangsung di seluruh kabupaten se- Jawa Barat dan salah satunya adalah Kabupaten Cianjur dimana tingkat penggunaan dan pembelian traktor tahun 2010 merek Kubota merupakan pemimpin pasar sebesar 80 persen sedangkan Yanmar 20 persen dan hanya sebagai pengikut pasar, salah satu kecamatan yang menggunakan traktor tangan terbanyak adalah Kecamatan Bojongpicung sebesar 117 unit. Berdasarkan kondisi tersebut PT Yanmar Agriculture Indonesia perlu melakukan kajian perilaku konsumen untuk meningkatkan penjualan dan image merek Yanmar.
Collections
- UT - Agribusiness [4247]