Analisis kepuasan dan loyalitas konsumen martabak House Restaurant: studi kasus Cabang Pandega Marta, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Proses Modernisasi yang terjadi di Yogyakarta menyebabkan perubahan gaya hidup pada masyarakat yang terlihat dari perubahan perilaku makan dimana masyarakat Yogyakarta lebih memilih untuk makan di luar karena lebih bersifat praktis, cepat, dan nyaman. Hal tersebut menyebabkan tingginya permintaan terhadap restoran sehingga persaingan industri restoran di Yogyakarta semakin ketat. Salah satu restoran yang berada pada persaingan tersebut adalah Martabak House Restaurat Pandega Marta. Martabak House Restaurant Pandega Marta merupakan restoran pertama di Indonesia yang menyajikan menu utama Martabak Ufo dan Steak Martabak dengan sajian yang berbeda. Konsep usaha yang berbeda membuat restoran martabak ini menjadi menarik untuk diteliti. Dari kedua menu tersebut, Martabak Ufo merupakan menu yang paling banyak di beli konsumen namun tren penjualan martabak Ufo dalam delapan bulan terakhir cenderung menurun dibandingkan Steak Martabak. Martabak House Restaurat Pandega Marta dalam operasionalnya juga menghadapi beberapa masalah, seperti menghadapi banyak pesaing dan menerima keluhan seperti masalah kecepatan pelayanan, sampai dengan keluhan terhadap harga yang ditawarkan. Bertolak dari permasalahan tersebut, Martabak House Restaurat Pandega Marta membutuhkan pengetahuan mengenai penilaian konsumen terhadap pelayanan Martabak House Restaurat Pandega Marta. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis proses keputusan pembelian Martabak Ufo di Martabak House Restaurant Pandega Marta, (2) Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut Martabak House Restaurant Pandega Marta, (3) Menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap menu Martabak Ufo di Martabak House Restaurant Pandega Marta, (4) Merumuskan kebijakan alternatif strategi bauran pemasaran yang tepat untuk Martabak House Restaurant Pandega marta.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]