Tingkat partisipasi peserta program CSR Desa Telaga dan tingkat kemanfaatan program: kasus di Karawang International Industrial City
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep tentang nilai dan standar yang dilakukan berkaitan dengan beroperasinya perusahaan. CSR diartikan sebagai komitmen dari bisnis atau perusahaan untuk berperilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa cara pandang terhadap implementasi program CSR Karawang International Industrial City (KIIC), kondisi sosial ekonomi peserta (usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, jumlah beban keluarga), tingkat partisipasi peserta dalam program CSR Desa Telaga, serta manfaat yang diperoleh perusahaan dan peserta setelah program CSR Desa Telaga terlaksana. Selain itu juga menganalisa hubungan antara cara pandang peserta dengan tingkat partisipasi, hubungan kondisi sosial ekonomi dengan tingkat partisipasi, dan hubungan tingkat partisipasi dengan tingkat manfaat.