Penerapan metode random forest dalam driver analysis
Abstract
Driver analysis adalah analisis yang digunakan untuk mengetahui prioritas peubah penjelas yang menggerakkan peubah respons. Analisis tersebut dikenal dalam bidang riset pemasaran. Driver analysis dijalankan menggunakan metode-metode analisis yang bersesuaian dengan kondisi data. Umumnya, data yang dianalisis berupa data ordinal dan memiliki hubungan non-linier antara peubah penjelas dan peubah respons. Salah satu metode yang sesuai dengan hal tersebut adalah metode random forest. Penerapan metode random forest dalam driver analysis didasarkan pada ukuran random forest dan ukuran contoh peubah penjelas. Simulasi dilakukan untuk mengetahui ukuran yang tepat agar dihasilkan random forest berakurasi tinggi dan stabil, serta hasil driver analysis yang stabil. Dalam penelitian ini, driver analysis dilakukan dalam rangka memperbaiki kinerja produk Z, yaitu mengenai kesediaan seseorang membeli produk Z. Hasil simulasi menunjukkan bahwa akurasi yang tinggi dan stabil dicapai saat ukuran random forest lebih dari 500 dan ukuran contoh peubah penjelas sebesar 4. Pada ukuran tersebut juga dihasilkan driver analysis yang stabil.