Perilaku konsumen dalam membuat keputusan pembelian ikan asin di Desa Cibunar, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor
Abstract
Perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk pada umumnya berbeda-beda. Keputusan konsumen membeli ikan asin dipengaruhi oleh faktor lingkungan, perbedaan individu dan proses psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian ikan asin dan faktor -faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian ikan asin. Penelitian ini di lakukan di desa Cibunar Kecamatan Parung panjang Kabupaten Bogor. Hasil penelitian memperlihatkan motivasi awal yang mendorong pembelian konsumen adalah rasa dari ikan asin. Sumber informasi utama dalam pembelian ikan asin adalah keluarga atau saudara. Fokus utama dalam pembelian ikan asin adalah rasanya. Jenis ikan asin yang sering dibeli adalah ikan asin teri, gabus dan ikan asin peda. Pemilihan jenis ini dikarenakan rasanya yang khas. Konsumen melakukan pembelian ikan asin secara tergantung situasi dengan frekuensi pembelian seminggu sekali. Sikap konsumen apabila jenis ikan asin yang dicari tidak tersedia di tempat biasa membeli maka konsumen akan mencari ketempat lain dan apabila terjadi kenaikan harga terhadap jenis ikan asin yang biasa dibeli maka konsumen akan tetap membeli ikan asin walaupun ikan asin yang dipilih jenis yang lain, secara keseluruhan konsumen merasa puas terhadap hasil pembelian ikan asin tersebut.