Strategi pengembangan bisnis jahe (Zingiber officinale Rosc.) di Indonesia
Abstract
Jahe merupakan salah satu tanaman rempah yang saat ini memiliki prospek ekonomi yang cukup baik. Namun pada kenyataannya, prospek tersebut belum didukung oleh kondisi yang ada saat ini. Di sektor hulu, petani jahe pada umumnya tidak memiliki pengetahuan tentang teknik budidaya jahe yang efektif dan efisien. Selain itu, proses produksi jahe menjadi produk akhir terutama menjadi obat tradisional atau yang lebih dikenal dengan jamu masih banyak yang belum menggunakan prosedur Good Manufacturing Practices (GMP). Permasalahan yang ingin dikaji oleh peneliti adalah sebagai berikut: bagaimana karakteristik produk jahe yang dipasarkan pada pasar domestik dan pasar ekspor, bagaimana strategi pengembangan bisnis jahe saat ini, bagaimana strategi pengembangan bisnis jahe di masa yang akan datang terutama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan jahe sebagai obat tradisional. Berdasarkan uraian dalam rumusan masalah, maka peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk : mendeskripsikan karakteristik produk jahe yang dipasarkan pada pasar domestik dan pasar ekspor, mendeskripsikan strategi pengembangan bisnis jahe saat ini, merumuskan strategi pengembangan bisnis jahe di masa yang akan datang terutama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penjualan jahe sebagai obat tradisional.
Collections
- UT - Agribusiness [4254]