Analisis pemasaran sayuran organik di PT Agro Lestari Ciawi Bogor, Jawa Barat
Abstract
Sayuran adalah salah satu kelompok hortikultura yang mempunyai arti dan kedudukan tersendiri dalam proses pembangunan nasional di sub sektor pertanian. Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang penting bagi pemenuhan gizi masyarakat. Sayuran organik mempunyai peluang untuk mengisi pasar di dalam negeri, karena kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan mengkonsumsi sayuran bebas bahan kimia. Tujuan penelitian ini adalah : (1)Mengidentifikasi sistem pemasaran dan saluran pemasaran sayuran organik PT Agro Lestari, (2) menganalisis perbedaan harga jual di tingkat petani dan di tingkat pemasok dan (3) menganalisis farmer’s share dan rasio keuntungan biaya untuk sayuran organik pada PT Agro Lestari. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi untuk pihak-pihak pengambil kebijakan dalam upaya perbaikan kinerja pemasaran sayuran organik pada PT Agro Lestari.
Collections
- UT - Agribusiness [4251]