Analisis preferensi konsumen terhadap tanaman hias Anthurium, Studi kasus di PT. Oasis Sentul Nursery, Kabupaten Bogor
Abstract
Kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan lingkungan dan estetika mendorong peningkatan minat terhadap tanaman hias. Masyarakat khususnya kalangan menengah keatas kini semakin menggemari hobi tanaman hias. Peningkatan minat ini didukung oleh beragam kegunaan tanaman hias. Mula-mula, banyak konsumen menggandrungi tanaman yang memiliki bunga indah, lalu bergeser pada tanaman hias daun. Tren tanaman hias makin cepat berganti. Berawal dari Adenium,Aglonema hingga yang terakhir Anthurium. Tanaman yang terakhir ini sempat menjadi fenomena. Permainan harga oleh pedagang tanaman hias Anthurium yang berlebihan sehingga merusak harga pasar dan berdampak pada penurunan produksi tanaman hias Anthurium. Sehingga pedagang tanaman hias mengharapkan adanya gambaran tentang preferensi konsumen tanaman hias Anthurium. Banyak hal yang belum diketahui oleh pedagang tentang atribut apa yang menyebabkan konsumen memilih tanaman hias untuk kegemarannya atau pengambilan keputusan pembelian. Proses pengambilan keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen, yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi pasca pembelian (hasil) (Engel et al,1995).
Collections
- UT - Agribusiness [4610]