Analisis kepuasan konsumen terhadap atribut sayuran organik dan penerapan Personal Selling Benny's Organic Garden
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah dengan jumlah penduduk mencapai 220 juta jiwa. Jumlah ini merupakan suatu potensi besar untuk mengembangkan sektor pertanian. Sektor pertanian berperan penting dalam perekonomian nasional, diantaranya sebagai penyedia lapangan kerja, meningkatkan devisa negara, dan meningkatkan pendapatan petani selain sebagai usaha produktif yang mampu bertahan, serta memiliki potensi untuk dikembangkan. Salah satu komoditas pertanian yang cukup potensial untuk dikembangkan di Indonesia ialah komoditas sayuran. Perkembangan pasar sayuran domestik saat ini cenderung meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk serta kesadaran masyarakat akan pangan sehat dan berimbang. Peningkatan ini menyebabkan budidaya dengan penggunaan pupuk buatan serta pestisida semakin tinggi yang kedepannya dapat menimbulkan pencemaran bagi lingkungan, yang lebih membahayakan ialah dampaknya terhadap kesehatan manusia. Hal ini perlu diatasi dengan sistem pertanian yang lebih ramah terhadap lingkungan dan kesehatan, tetapi masih dapat memenuhi kebutuhan pangan yang kemudian dikenal dengan sistem pertanian organik. Sistem pertanian organik di Indonesia baru berkembang dan populer sejak 4-5 tahun yang lalu. Salah satu farm yang secara khusus memproduksi sayuran organik adalah Benny’s Organic Garden. Bisnis sayuran organik saat ini mulai berkembang seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi pangan yang lebih aman bagi tubuh, hal ini berimplikasi pada tingginya minat dan permintaan terhadap komoditi ini. Maraknya jumlah produsen organik, dibukanya gerai-gerai penjualan serta berbagai cara pemasaran tentu menimbulkan persaingan. Hal ini menuntut setiap pelaku dalam industri ini untuk menerapkan cara yang berbeda untuk tetap dapat bersaing dan bertahan, tidak terkecuali bagi Benny’s Organic Garden yang dikenal dengan personal sellingnya dalam memasarkan produknya. Personal selling yang diterapkan selama ini mampu menciptakan hubungan baik dengan pelanggannya, hingga terbentuk pelanggan dengan loyalitas tinggi. Namun tingkat persaingan yang tinggi, jumlah konsumen yang masih terbatas, biaya cukup besar dan masih sulit menjual dalam kapasitas besar secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan. Kondisi ini menyebabkan kelangsungan penjualan perusahaan sangat bergantung pada pelanggannya, sehingga pengetahuan mengenai kepuasan konsumen dan kemampuan Benny’s Organic Garden memenuhi hal tersebut dalam menjadi sangat penting.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]